Staff’s Products

Berikut daftar karya Ilmiah yang dihasilkan oleh staf akademik Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang.

Buku

  • Zul Amri. 2010. “Pendidikan Imersi dan Bilingual di Jenjang Pendidikan Formal Indonesia” dalam Isu-Isu Kritis Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: Ghalia Indonesia
  • Kusni. 2010. Model Desain ESP di Perguruan Tinggi. Padang: UNP Press.
  • Hermawati Syarif. 2009.Serba-Serbi Perilaku And dan Penggunaannya dalam Bahasa Indonesia (ISBN: 978-979-8587-61-0). Padang: UNP Press.
  • Zul Amri (ed.). 2009. The Roles of Higher Learning Institutions on Education for All in Indonesia. Jakarta: Directorate General of Higher Education Ministry of National Education
  • Yetti Zainil. 2008. Classroom Use of English Language (ISBN : ) . Padang: Sukabina Press.
  • Rusdi Noor Rosa. 2008. Morphology and Syntax. Padang: JBSI FBSS UNP.
  • Rusdi Noor Rosa et. al,. 2008.  English for General Purpose: A course for University Student (ISBN: 9786028124096). Padang: Sukabina Offset
  • Kurnia Ningsih. 2007. Keindonesiaan dan Kemelayuan dalam Sastra. Depok: Desantara.
  • An Fauzia Rozani Syafei. 2007-2008.  Prose 1 A Course Book. Padang: JBSI FBSS UNP.
  • Jufrizal. 2007. Tipologi Gramatical BM (ISBN: 978-979-858-727-6). Padang: UNP Press.
  • Refnaldi & Emalia Iagiliati. 2007. Sociolinguistics (ISBN 979-689-589-7). Jakarta: Universitas Terbuka Press.
  • Refnaldi, Jufrizal, Jufri. 2007. Writing I (979-689-876-4). Jakarta: Universitas Terbuka Press.
  • Muhd. Al-Hafizh. 2007-2008. Literary Criticism A Course Book. Padang: JBSI FBSS UNP.
  • Kukuh P. Subagyo dan Refnaldi. 2007. Appreciation of Literary works (ISBN: 979-011-058-8).  Jakarta: Universitas Terbuka Press.
  • Kusni. 2007. A Textbook for Applied Linguistics. Padang: JBSI FBSS UNP
  • Refnaldi, Jufrizal, Kusni. 2006. Introduction to Linguistics (ISBN : 979-689-927-2). Jakarta: Universitas Terbuka Press.
  • Havid Ardi. 2006. English for Nursing. Padang: Balai Bahasa UNP.
  • Kusni. 2006. Sociolinguistics: A Course Book. Padang: JBSI FBS UNP.
  • Refnaldi. 2006. Introduction to Linguistics. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka (PBIS4202/2sks/Modul 1-6)
  • Kusni. 2005. English for Elementary School Students of Padang Panjang. Padang Panjang: Dinas Pendidikan.
  • Jufrizal. 2004. “Konstruksi Resultatif Bahasa Minangkabau: Deskripsi Tipologi Grammatikal” dalam Wibawa Bahasa (ISBN: 979306303-3). Denpasar: Program Pasca Sarjana Linguistik Universitas Udayana dan Bali Mangsi.
  • Zainuddin Amir. 1996. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SD kelas IV. Padang: Muara Agung Padang.
  • Zainuddin Amir. 1996. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SD kelas V. Padang: Muara Agung Padang.
  • Zainuddin Amir. 1996. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SD kelas VI. Padang: Muara Agung Padang.

Jurnal dan Prosiding

  • Hamzah. 2010. “Analisis Struktur Pertanyaan pada Register yang digunakan oleh Guru Pelajaran Bahasa Inggris SMA” dalam
  • Refnaldi. 2010. “Empat Nilai Budaya Minangkabau yang tercermin dalam Pasambahan Batimbang Tando” dalam  Idiosinkrasi Pendidikan Karakter Melalui Bahasa dan Sastra (ISBN: 978-979-3075-79-2). Jogjakarta: Pusat Pengembangan Bahasa dan Budaya Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta dan Keppel Press.
  • Refnaldi. 2010. “Developing Language Scaffodling Materials for a Discussion Texts: an Idea for Teaching Intermediate Writing Skills” in Proceeding: The Second International Conference on Language Education (ICOLE2):  Makassar, December 3-4, 2010 (ISBN: 978-602-9600-41-4).
  • Refnaldi. 2010. “ Developing Language Scaffolding Materials for Argumentative Writing: an Idea for Teaching Intermediate Writing Skills” in Proceeding: International Conference on Teaching English as a Foreign Language. Wonogiri: Faculty of Letters Muhammdiyah University Purwokerto and Bina Citra Pustaka  (ISBN: 978-979-97919-4-8)
  • Refnaldi. 2010. “Developing Language Scaffolding Materials for Explanation Texts: an Idea for Teaching Intermediate Writing Skills” in Proceeding: Seventh Conference on English Studies (CONEST 7). Jakarta, 26-27 November 2010. Jakarta: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Universitas Katolik Atmajaya. (ISBN: 978-602-8474-17-7)
  • Muhd. Al-Hafizh. 2010. “Sastra Lisan” dalam Prosiding ADIA (ISBN: ). Malang: UIN Maliki.
  • Havid Ardi. 2010. “Teknik Penerjemahan Buku “Asal Usul Elite Minangkabau Modern: Respons Terhadap Kolonial Belanda Abad XIX/XX” dalam Prosiding ADIA (ISBN: ) Malang: UIN Maliki.
  • Kurnia Ningsih. 2009. “Understanding Indonesia through Local Literature Written in English”.
  • Kurnia Ningsih. 2009. “Kualitas Guru dan Pengajaran”
  • Kurnia Ningsih. 2009. “Creating Communicative Attitude through Leal Literature”
  • Jufrizal. 2009. “Fenomena Tipologi BM” dalam Leksika Vol. 3 No. 1.
  • Refnaldi. 2009. “Transfer prakmatik di dalam respon terhadap pujian dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris” dalam Linguistika Indonesia Tahun ke 27 No. 2.
  • Sitti Fatimah. 2009. “The Influence of Language Development on EFL Teachers in Classroom Practice” dalam Jurnal Bahasa dan Seni.
  • Havid Ardi. 2009. “Kategori Penerjemahan Lisan Suatu Tinjauan Ulang” dalam Kalamistic: Jurnal Bahasa dan Sastra Inggris Vol. 1 No. 1.
  • Havid Ardi. 2009. “Nasionalisme & Gender dalam Penerjemahan: Ideologi dalam Pnerjemahan” dalam Lingua Didaktika Vol. 2 No. 4.
  • Yenni Rozimela. 2008. “Fostering Students’ Critical Thinking through Question and Reasoning Skill” dalam Lingua Didaktika. Vol.  No.
  • Kusni. 2008. “The Roles ESP Teachers’ Knowledge of Their Students’ Academic Subjects” dalam Lingua Didaktika Vol. 1 No. 1.
  • Saunir. 2008. “Profil Kejiwabahasaan Mahasiswa Bahasa dan sastra Inggris” dalam Lingua Didaktika Vol 2. No. 3.
  • Hamzah. 2008. “Cet melalui Internet sebagai Ranah Baru Penelitian Bahasa dengan Keunikan yang Ditimbulkan oleh Konstarin Waktu, Tempat, dan Keterampilan” dalam Jurnal Bahasa dan Seni.Vol. 9 No. 1.
  • Hamzah. 2008. Penggunaan Kode Bahasa oleh Guru dalam Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas” dalam Lingua Didaktika Vol 2 No. 3.
  • Hamzah. 2008. “Intersentential Codeswitching among Indonesian-English Bilinguals: Group Discussion Through Internet” dalam Lingua Didaktika Vol 3 No. 5.
  • Hamzah. 2008. “Intrasentential Codemixing Produced by Indonesians Communicating through Internet”. dalam Lingua Didaktika Vol 1 No. 2.
  • Kusni. 2007. “Kasus Perancangan Mata Kuliah ESP di Perguruan Tinggi” dalam Jurnal MLI Vol. 25 No. 2.
  • Hamzah. 2007. “Simplifikasi Bahasa yang Ditujukan pada Jenjang Kelas yang Berbeda oleh Guru Bahasa Inggris” dalam Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 8 No. 1.
  • Jufrizal. 2007. “Using Learners” dalam Forum Pendidikan Vol. 32 No. 02.
  • Jufrizal, Zul Amri, Refnaldi. 2007. “Hipotesis Sapir-Whorf dan Struktur Informasi Klausa Pentopikalan Bahasa Minangkabau” dalam Linguistika Volume 14 No. 26.
  • Yenni Rozimela. 2007. “Peran Pembaca Dalam Menulis” dalam Lingua Didaktika Vol. 1 No. 1
  • Yenni Rozimela. 2007. “Analisis Teks: Sebuah Model” dalam Forum Pendidikan.
  • Yenni Rozimela. 2007. “Analisis Genre: Sebuah Model Analisis Teks Bahasa Inggris dan Pengajaran membaca Untuk Bidang Akutansi” dalam Forum Pendidikan.
  • Havid Ardi. 2007. “Profil Gaya Belajar Bahasa Inggris Siswa SMA Negeri 7 Kota Padang” dalam Jurnal Bahasa Sastra dan Seni Vol. 1 Edisi Januari-April 2007. Padang: FBSS UNP.
  • Rusdi Noor Rosa. 2007. “Analisis Fungsi Tekstual dalam surat Kabar Harian “HALUAN” dalam Lingua Didatika Vol. 1 No. 1.
  • Rusdi Noor Rosa. 2007. “Thematic Progression as a Means to Keep Cohesion in Exposition Text” dalam Jurnal Bahasa dan Seni Vol 8 No. 2.
  • Kurnia Ningsih. 2006. “The Deprivatatian of Aestbelie Value, Sense and Meaning in The Transtation of “The Lord of The Ring” dalam Humanus. Vol IX No. 1
  • Jufrizal. 2006. “The Need and The Way” dalam Forum Pendidikan Vol 31 No. 3.
  • Hamzah. 2006. “Kategorisasi Kata Emosi pada Bahasa Mandailing: Suatu Kajian Eksploratif” dalam Jurnal Bahasa dan Seni Vol 7 No. 1.
  • Rima Andriani Sari. 2006. “Kosakata dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SD: Analisis Terhadap Buku Ajar” dalam Jurnal Bahasa dan Seni.
  • Refnaldi. 2006. “Nasal Substitution in English, Indonesian and Ninangkabaunese: An Optimality Theory Analysis”.  dalam Linguistik Indonesia Tahun ke 25 No. 2.
  • Kurnia Ningsih. 2005. “Pynptomastie Reading: Teori, Kritik dan membaca Kritis”
  • M. Zaim. 2005. “The Influence of Instructional Media Toward the Achievement of English” dalam Jurnal … Vol 2 No. 2
  • M. Zaim. 2005. “Pemerolehan Bahasa dan Penerjemahan: Analisis Pembelajar Bahasa Inggris Penutur Dewasa Indonesia” dalam Jurnal …. Vol X No. 1
  • Kusni. 2005. “English for Specific Purposes for Indonesian Universities: A Proposal for Program Reform” dalam Bahasa dan Seni Volume 6 No. 1.
  • Kusni. 2005. “Reformulasi Model Perancangan Program ESP di Perguruan Tinggi” dalam Jurnal Pembelajaran Vol 30. No. 2.
  • Aryuliva Adnan. 2005. “Problem Solving sebagai suatu teknik dalam pengajaran speech” dalam Scholg Vol VIII No. 16.
  • Sitti Fatimah. 2005. “Using Poems to Teach Speaking” dalam Komposisi Bahasa dan Seni Vol. FBSS UNP.
  • An Fauziah Syafei. 2005. “Whole Language” dalam Forum Basandi Vol. 6 No. 1.
  • Saunir. 2005. “Bahasa Minangkabau Ragam Adat di Kota Padang: Daya Tahun dan Pergeseran Stilistikanya” dalam Humanus Vol. VIII No. 1 Tahun 2005.
  • Rusdi. 2005. “Structur Petirik Pendapat dan Pertanyaan Pemirsa TV pada Program Editorial yang ditayangkan oleh Metro TV” dalam
  • Rusdi. 2005. “Gaya Belajar Bahasa Inggris Peserta Pelatihan Bahasa Inggris Balai Bahasa UNP Padang”.
  • Rusdi Noor Rosa. 2005. “Error Analysis in Writing an Argumentative Essay” dalam Jurnal Linguistik Terapan Vol. 2 No. 1
  • Rusdi Noor Rosa. 2005. “The Existence of Politeness in Society” dalam Forum Basandi. Vol IX No. 2.
  • M. Zaim. 2003
  • M. Zaim. 2001. “The Development of Questions by the Indonesia Learners of English” dalam Asian Englishes: A Internasional Journal of the Sosiolinguistics  of English in Asia/Pasific. Vol. IV No. 2.
  • Refnaldi. 2007: “Epenthesis in Minangkabaunese: an Optimality Theory Analysis” in Proceeding: KOLITA 5 Pusat Kajian Bahasa dan Budaya. (ISBN: 978-602-8474-05-4)
  • Leni Marlina. 2010. Implementasi Actional Functional Model (AFM) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SD DEK Padang. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNP
  • Leni Marlina. 2011. Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi Mahasiswa. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Padang.
  • Leni Marlina. 2011. “Empowering Students by Integrating Children Literature into EFL Classroom” disampaikan pada Proceeding: 3rd CELT Internasional Seminar on Multiculturalism and Multilingualism. Soegiyapranata Catholic University 2011. (ISBN: 978-979-1268-88-8)
  • Leni Marlina. 2009. “Using News Story as Alternative Activity for University Students in Listening Class” dalam Jurnal Bahasa dan Seni vol. 10 No. 1. Tahun 2009.
  • Jufrizal. 2008. “Keunikan Konstruksi Zero Klausa Bahasa Minangkabau “dalam  Sastra Jurnal Ilmiah Vol.I. No: 1, September 2008. Flores: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Flores. (ISSN: 1907-5227)
  • Jufrizal. 2005. “Grammatical Relation in Minangkabau: A Typological Analysis” disampaikan pada Association for Linguistic Typology 6th Biennal Meeting. Hotel Bumi Minang 21-25 July 2005 Padang, West Sumatera.
  • Jufrizal. 2007. “ Using Learner’s Cultural Features in EFL Teaching for Beginners: Its rationales and practical examples based on Minangkabau culture.” Dalam Forum Pendidikan. Vol. 32. No. 02 Hal 69-150. Padang: UNP Press (ISSN: 0126-19690.
  • Jufrizal. 2009. “Fenomena Tipologi Grammatikal Bahasa Minangkabau: Akusatif, Ergatif atau Campur?” dalam Leksika. Vol.3. No.1 Februari 2009. (ISSN: 1978-1965).
  • Jufrizal. 2010. Simple and Complex tenses in English: What should we do with them? Disampaikan pada Proceeding: 2nd COTEFL:  Binacitra Pustaka dan Faculty of Letters Muhammdiyah University Purwokerto. (ISBN: 978-979-97919-4-8).
  • Jufrizal. 2009. “Minimizing Problems Faced by Indonesian Students in Learning and Understanding Tense and Aspect of English.”  disampaikan pada Proceeding: 1st COTEFL  May 1-2, 2009 Muhammadiyah University of Purwokerto.
  • Saunir Saun. 2009. “Profil Kedwibahasaan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris di Lingkungan Kampus.” Disampaikan pada Proceeding: Seminar Internasional Pertemuan Linguistik Utara-6. Medan, 2-3 Maret 2009. (ISBN: 978-979-98559-9-2)
  • Hermawati Syarif. 2007. “Peningkatan Kualitas Bahasa Inggris Guru Sekolah Dasar di Kota Padang.” dalam Lingua Didaktika. Vol. 1. Edisi 1 Desember 2007 (ISSN: 1979-0547)
  • Hermawati Syarif. 2010. “Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Kota Padang.” Disampaikan pada Proceeding: 2nd COTEFL:  Binacitra Pustaka dan Faculty of Letters Muhammdiyah University Purwokerto. (ISBN: 978-979-97919-4-8)
  • Hermawati Syarif. 2011. “The Expression of English and in the Indonesian Language.” Dalam International Journal of English Linguistics. Vol. 1 no. 1 march 2011. CCSE (Canadian Centre of Science and Education). (ISSN: 1923-869x)
  • Kusni. “EAP at Universities in Indonesia” disampaikan pada Proceeding: 2nd COTEFL:  Binacitra Pustaka dan Faculty of Letters Muhammdiyah University Purwokerto. (ISBN: 978-979-97919-4-8)
  • Delvi Wahyuni dan Silfia Hanani. 2010. “Tackling Domestic Violence Through Minangkabau Customary Institutions  in Indonesia” in The NIEW Journal The Voice of the NAM Woman. Vol 2. December 2010.
  • Winda Setiasari. 2008. “Pengajaran Sastra Multikultural Amerika”. Dalam Jurnal Ilmu Budaya vol. 4 No. 2 Februari 2008 (ISSN: 1892-8338)
  • Muhd. Al-Hafizh. 2009. “The Reflection of Indonesian Teenager’s Hybrid identity in Sitta Karina’s Teenlit Skenario Dunia Hijau: a Sociology if Literature Perspective” dalam Kalamistic Jurnal Bahasa dan Sastra Inggris Vol. 1. No 1. Juni 2009. (ISSN: 2085-4624)
  • Muhd. Al-Hafizh. 2009. “Sajadah Terakhir Karya Edy A Efendi: Sebuah Analisis Semiotik Michael Rifaterre”  dalam Lingua Didaktika Volume 2. Edisi 4 Tahun 2 Juli 2009. (ISSN: 1979-0547)
  • Zul Amri. 2009. “Perbedaan Bahasa Siswa Laki-Laki dan Perempuan: Sebuah Studi Kasus di Kelas V SDN 09 Air Tawar Barat Padang Sumatera Barat” dalam Lingua Didaktika Vol. 3. Edisi 5 Tahun 3 Desember 2009. (ISSN: 1979: 0547)
  • Amri Isyam. 2009. “To What Extent EFL Learners have Mastered Concord.” Dalam Lingua Didaktika Vol. 3. Edisi 5 Tahun 3 Desember 2009. (ISSN: 1979: 0547)

Penelitian

  • Kusni. 2010. Pengembangan English for Academic Purposes pada Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial UNP: Pengembangan Model Dosain Terpadu. (sumber dana mandiri).
  • Rusdi Noor Rosa, Refnaldi, dan Muhd. Al-Hafizh. 2010. Pengembangan Materi Ajar Mata Kuliah “Semantics and Pragramatics” Berbasis Multimedia: Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Univerisitas Negeri Padang (I-MHERE)
  • Havid Ardi, Refnaldi, Yuli Tiarina, Leni Marlina. 2010. The Effect of Multimedia-Based Material on Improving Student’s Motivation and Achievement on Listening Skills. (I-MHERE)
  • Refnaldi, Kurnia Ningsih, Havid Ardi. 2010. Pengembangan materi Ajar mata Kuliah “Fuctional Grammar”: Penelitian dan Pengembangan Program Studi Pendidikan Bahasa san Sastra Inggris UNP. (I-MHERE)
  • Jufrizal, Amri Isyam, Rima Andriani Sari. 2009. Masalah dan Kesulitan Pengajaran dan Pembelajaran Tense dan Aspect Bahasa Inggris di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.  (I-MHERE)
  • Yenni Rozimela, Saunir. 2009. “Implementasi Keterampilan Bertanya  Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris UNP Padang dalam Praktik Micro Teaching sebagai usaha Meningkatkan Mutu PL Kependidikan”. (I-MHERE)
  • Aryuliva Adnan dan Refnaldi. 2009. Pengembangan materi ajar mata kuliah “Listening I” berbasis multimedia (Sumber Dana: Hibah I-MHERE).
  • An Fauziah Syafei dan Sitti Fatimah. 2009. Pengaruh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing dalam PPKL untuk Meningkatkan  keterampilan mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Sumber Dana: Hibah I-MHERE).
  • Kusni. 2009. Revitalisasi MGMP Guru Bahasa Inggris Sesumatara Barat Melalui Kolabprasi Terpadu (mandiri)
  • Kusni. 2008. Masalah Kesepadanan dalam Penerjemahan: Kasus Penerjemahan Artikel Hasil Penelitian. (sumber dana: Hibah I-MHERE).
  • Yetti Zainil. 2008. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sastra Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas di Sumatra Barat. (Sumber Dana: Hibah I-MHERE).
  • Hamzah dan Yenni Rozimela. 2008. Evaluasi Program Pelaksanaan mata kuliah Intensive Course di JBSI FBSS UNP. (I-MHERE Project).
  • Jufrizal, Rusdi, Leily Refnita. 2008. Struktur Informasi dan Nilai Kesantunan Berbahasa pada Klausa Bahasa Minangkabau: Telaah Tipologi Grammatikal dan Linguistik kebudayaan.  (DP2M)
  • Desmawati Radjab, Hermawati Syarif. 2008. “Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Kota Padang.” (I-MHERE)
  • Hermawati Syarif dan Refnaldi. 2007. The effect of individual exercises in CALL laboratory on the improvement of students’ motivation in learning English Grammar and on students’ grammar mastery. (Sumber Dana: HibahI-MHERE)
  • Yenni Rozimela. 2007. Evaluasi Program Pelasanaan Mata Kuliah Intensive Course di Jurusan Bahasa Inggris. (Sumber dana I-MHERE).
  • Kusni. 2007. Peningkatan Efektifitas Program MGMP Guru Bahasa Inggris SMP dan SMA di Sumatara Barat. (sumber dana Mandiri)
  • Kusni. 2007. Realisasi Prinsip Dasar Pengajaran Bahasa untuk Anak-anak dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD. (sumber dana: Dana Non Reguler JBSI FBSS UNP).
  • Yetti Zainil. 2007. Kompetensi Bertanya Siswa SMA N Padang. (Sumber Dana: DIPA UNP)
  • Yetti Zainil. 2007. Upaya Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran “Grammar 1” Melalui Model ‘Multy Grade Teaching’ di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. FBSS, UNP. (Sumber Dana: Hibah Due Like UNP).
  • Jufrizal, Zul Amri, Refnaldi. 2006. “Pentopikalan dalam Bahasa Minangkabau dan Kaitannya dengan Upaya Pembinaan Sosial Budaya Masyarakat Minangkabau”. (DP2M)
  • Yenni Rozimela. 2006. Penerapan Pendekatan Kognitif Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Grammar Dalam TOEFL. (Sumber dana Hibah TPSDP).
  • Kusni. 2006. Reformasi Model Perancangan Program ESP di Perguruan Tinggi. (Sumber Hibah Bersaing).
  • Kusni. 2005. PenerapanModel Kolaborasi Kolektif dalam Penentuan Kebutuhan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Non-bahasa Inggris di UNP Padan. (Mandiri).
  • Refnaldi dan Saunir. 2005. Pragmatic transfer in the responses toward the compliment uttered in Indonesian and in English. (Sumber Dana: Dosen Muda)
  • Yenni Rozimela. 2005. Genre-Based Pedagogy for Teaching English Academic Writing in Indonesia Tertiary Context: A Case Study. (ADS Scholarship).
  • Hamzah. 2005. Hubungan antara Kinerja Keuangan dan Harga saham Perusahaan pada Subsektor Industri Tekstil dan Garmen. (Sumber Dana Mandiri)
  • M. Zaim. 2003. Masalah yang dihadapi Mahasiswa dalam Menerjemahkan Teks Berita Berbahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.
  • Saunir. 2003. Efektifitas Konferensi di Luar Kelas Sebagai Suatu Strategi dalam Merespon Esai yang Ditulis oleh Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNP (sumber dana: Proyek Due Like UNP)
  • Saunir. 2000. Hubungan Keterkaitan Ekonomi dan Sosial Budaya Kota Solok dengan Wilayah Sekitarnya. (Sumber Dana: Pemda Kota Solok).
  • Yetti Zainil. 1993. Studi Tentang Pengetahuan Tanda Baca Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris IKIP Padang. (Sumber Dana: Dana Rutin IKIP Padang).
  • Yetti Zainil. 1992. Study tentang Pengetahuan Latar Bagi Mahasiswa Jurusan Non Bahasa Inggris IKIP Padang (Sumber Dana: Dana Rutin IKIP Padang).

Makalah yang diseminarkan

  • Saunir Saun. 2010. “Strategi Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar” disampaikan pada Pelatihan Tenaga Pendidik, Kepala Sekolah dan guru SD Kota Padang Panjang 12 Mei 2010.
  • Saunir Saun. 2009. “Profil Kedwibahasaan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris id Lingkungan Kampus”. Disampaikan pada Seminar Internasional PLU-6 di USU Medan, 2-3 Maret 2009.
  • Saunir Saun. 2008. “The Disliked Translation” disampaikan pada Seminar Nasional tentang Linguistik, Sastra dan Pengajaran Bahasa” Jurbing FBSS UNP, 10-11 Oktober 2008
  • Jufrizal. 2008. “Wanita dalam Budaya Patriakat dan Matriakat: Sebuah Perbandingan “ disampaikan pada Seminar Nasional Bahasa dan Budaya Sabu Kabupaten Kupang, NTT Ketahanan Budaya dan Ketahanan Nasional . Ledemanu NTT 28-29 Juli 2008.
  • Jufrizal. 2008. “Fenomena Tipologis Konstruksi Zero Bahasa Indonesia: Pasif, Pentopikalan, atau Negatif?” Disampaikan pada Seminar Internasional Bahasa Indonesia/Malaysia dan Pembelajarannya. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah UNP dan Fakulti Bahasa  Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia, Padang, 13-14 2008.
  • Jufrizal. 2008. “Viliotional and Non-Viliotional Passives in English: How do they work?” Disampaikan pada CONEST-5 Pusat Kajian Bahasa dan Budaya UKI Atmajaya, Jakarta 1-2 December 2008
  • Jufrizal. 2009. “Agentivity of Agent of Minangkabaunese Clause: A Study of Typology and Informative Structure of Clause.” Disampaikan pada Seminar Internasional Pertemuan Linguistik Utara-6, Medan 2-3 Maret 2009.
  • Jufrizal. 2008. “Prefiks ba- Sebagai Pemarkah Konstruksi Pasif dan Resultatif Bahasa Minangkabau” disampaikan pada KOLITA-6 tingkat Internasional, Pusat Bahasa dan Budaya UKI Atmajaya, Jakarta 12-13 Mei 2008.
  • Jufrizal. 2008. “Perelativan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa  Minangkabau: Kajian Tipologi Lingistik dan Pemanfaatannya untuk Pembelajaran  Bahasa Inggris” disampaikan pada International Conference on Applied Linguistics I UPI Bandung UPT Balai Bahasa 11-12 Juni 2008.
  • Jufrizal. 2008. “Politeness Strategy Through Grammatical Construction in Minangkabaunese: A Study on Language Form and Its Cultural Value” disampaikan pada The 4th International Seminar on Austronesian Language and Literature hosted by Linguistics Study Program Postgraduate Program Faculty of Letters The University of Udayana, Denpasar, 20-21 Agustus 2007.
  • Jufrizal. 2008. “Passivization in English and in Minangkabaunese: A Typological Description” disampaikan pada National Seminar on Languages Literarture and Language Teaching, Padang, 10-11 Oktober 2008.
  • Jufrizal . 2007. “Minangkabaunese as as S/A Pivot Language: The Proofs Based on Typological Study on Interrogative Construction” disampaikan padaInternational Conference KOLITA-5 Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta 7-8 Mei 2007.
  • Jufrizal. 2005. “Relasi Oblik Bahasa Minangkabau: Sebuah Kajian tipologi Grammatikal” disampaikan pada Kongres Linguistik Nasional XI LPMP UNP 18-21 Juli 2005.
  • Jufrizal. 2006. “ Pentopikalan dalam bahasa Minangkabau dan Kesantunan Berbahasa” disampaikan pada Pertemuan  Linguistik UTARA-5 dan Seminar Internasional Linguistik Medan 4-5 Desember 2006.
  • Jufrizal. 2006. “Voice in Mentawai: A Note on Its Typological Position in the Austronesian Languages of Indonesia” disampaikan pada The 16th Annual Meeting of the South-East Asian Linguistics Society (SEALS XVI) at Atmajaya University Jakarta, 20-21 September 2006.
  • Jufrizal. 2007. “ Pentopikalan dana Bahasa Minangkabau dan Kaitannya dengan Upaya Pembinaan Sosial Budaya Masyarakat Minangkabau” disampaikan pada Seminar Nasional “Pemaparan Hasil Penelitian Fundamental 2007” DP2M Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta 29-31 Mei 2007.
  • Saunir Saun. 2007. “Saran-saran Menghadapi Evaluasi Diri Program Studi dalam Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBSS UNP Padang” disampaikan pada Seminar Lokakarya (Workshop) Hibah A.1 Prodi PING FBSS UNP 13 Agustus 2007
  • Saunir Saun. 2005. “The Cooperative Learning Technique for the Increase of Students’ Speaking Ability” disampaikan pada Internasional Seminar and Workshop at the English department, FBSS-UNP june 3-4 2005
  • Saunir. 2006. “ Memotivasi Siswa untuk Berbicara Bahasa Inggris”. Disampaikan dalam Seminar dan Workshop “The English Compentency-Based Curriculum and its Implementation di SMA 1 N Lubuk Alung, 18-19 2006.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: