Robi Rimeldo: Satu Lagi Mahasiswa B. Inggris ke Kanada

Robi Rimeldo

Robi Rimeld0 Raih Sukses dengan Ketekunan

Robi Rimeldo: Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris TM 2006 Universitas Negeri Padang

Kesan sederhana dan ramah terlihat dari sosok Robi Rimeldo. Tak disangka di balik kesederhanannya, Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris TM 2006 Universitas Negeri Padang ini, telah melakukan banyak hal yang tak banyak dilakukan mahasiswa umumnya. Tak hanya didalam kampus, berbagai prestasi di luar kampus pun telah diukirnya.

Berawal dari ketelatenannya melihat pengumuman di depan Jurusan Bahasa Inggris, mengantarkan Robi menuju negara paling utara di Amerika Utara, Kanada. Dalam setiap kesempatan ternyata ia selalu berusaha  melihat titik-titik terang untuk mewujudkan mimpinya. Tak menyiakan pengumuman tersebut Robi langsung melihat jalan untuk melebarkan sayap dan mewujudkan keinginannya selama ini untuk melihat kehidupan di luar negri ini. Berbagai persyaratan coba di penuhinya.  Tak kenal menyerah, akhirnya ia terpilih dan berangkat menuju Kanada pada September 2009 lalu.

Satu hal dalam pikirannya, ia ingin melihat apa sebenarnya yang dilakukan orang-orang diluar sana sehingga bisa menjadikan negara mereka negara maju. Jadilah, akhirnya selama berada di negri yang beribukota Ottawa ini ia benar-benar mempelajari bagaimana masyarakat negara ini melakoni peran mereka sebagai sumber daya manusia yang berguna untuk membangun negara. “Berbeda dengan yang biasa ditemui di Indonesia, cara warga Kanada menghargai waktu, berpikir, menghargai hak orang lain, hingga begitu memperhatikan masalah kebersihan” terangnya.

Tak hanya sampai di situ, sepulangnya dari Kanada, anak kedua dari pasangan Nasrul dan Eliawarni, S. Pd ini tak menyiakan waktu yang tersisa dari cuti kuliah yang diambilnya untuk pertukaran pelajar. Mengikuti ajang kompetensi kemampuan minat dan bakat Sumatera barat, Sumbar Talenta 2009. Memang tak ada yang mudah ntuk sebuah pencapaian lebih. Dalam ajang adu vokal tersebut, pria kelahiran 25 Mei 1988  ini harus mengikuti enam tahap audisi dan wawancara. Dasar kepribadian pantang menyerahnya kembali mengantarkan Robi menjadi Grand Finalis Sumbar Talenta 2009. Ajang ini pula yang mempertemukannya dengan pemuda berprestasi dari negara lain dalam International Youth Cultural and Camp Conference (IYCCC). Sebuah konferensi pemuda untuk berbagi, belajar dan bertukar pemahaman mengenai budaya. Dalam konferensi bertema “Think Tourism through Youth Tourism” ini ia mendapatkan banyak pengalaman tentang keberagaman ras dan budaya dalam rangka meningkatkan saling pengertian antar pemuda dari berbagai negara.

Selain aktif mengikuti pertukaran pemuda antar negara, pria yang murah senyum ini juga tak ketinggalan mengikuti kegiatan eksrakurikuler di kampus. Ia aktif dalam berbagai kegiatan di Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, Ikatan mahasiswa Sawahlunto (IMASI), Ikatan Uda Uni kota Sawahlunto, Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI), ikatan alumni IYCCC, dan Sumbar Talenta Organizition (STO).

Rendah hati terpancar dari sosoknya yang sama sekali belum merasa bangga dengan semua pencapainnya sejauh ini. Baginya orang-orang yang mampu tak akan melihat ini sesuatu yang spesial karena mareka tau mereka mampu.

“Bermimpilah, jangan berangan-angan, karena bermimpi berarti menginginkan disertai dengan usaha dalam pencapaiannya. Allah Maha Tahu tentang apa yang kita lakukan sekarang, dan Allah akan memberikan nilai dan hadiah atas apa yang kita lakukan. Niat tulus dan ikhlas serta sabar haruslah dipupuk dalam hati dalam bercita-cita, lagi-lagi karena Allah Maha Adil dan Bijaksana.” ujarnya bijak Rabu, (13/10). Ninit Alfianika

Penulis Ninit Alfianika (Ganto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: