Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP bentuk GPMIPS

Menindaklanjuti pentingnya kegiatan penjaminan mutu di bidang akademik, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (JBSI) FBS UNP setelah melakukan kajian yang mengenai pola penjaminan mutu internal, serta kewajiban mengemban tugas yang lebih luas, maka disepakati untuk membentuk suatu Gugus Penjaminan Mutu Internal (GPMI) pada masing-masing Program Studi yang terdapat pada JBSI FBS UNP.

Pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris (PS-PBIng) pada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP, melalui Surat Tugas oleh Ketua Jurusan tentang Gugus Penjaminan Mutu Internal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas dan Seni Universitas Negeri Padang. Tim GPMI Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris diketuai oleh Dra. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph.D. dan Sekretaris Havid Ardi, S.Pd., M.Hum. dan Prodi Bahasa dan Sastra Inggris diketuai oleh Prof. Dr. Hermawati Syarif, M.Hum. dan Sekretaris Prof. Dr. Jufrizal, M.Hum.

Pentingnya pengawasan mutu telah diisyaratkan oleh Pemerintah sejak tahun 1990 seperti yang tertera dalam PP No. 30 thn 1990 mengenai pengawasan dan akreditasi. Kemudian sejak tahun 2003 Direktorat Akademik (dh.Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan), Ditjen Dikti Depdiknas, meluncurkan kegiatan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) di perguruan tinggi. Dalam kurun waktu selama tujuh tahun, kegiatan penjaminan mutu ini telah berkembang dengan berbagai variasi implementasi, baik pada tingkat perguruan tinggi maupun pada tingkat Nasional.

Kegiatan Penjaminan Mutu juga telah dilaksanakan oleh Universitas Negeri Padang dengan telah dibentuknya Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) sejak tahun 2005 yang merupakan badan internal UNP dipimpin oleh Prof. Dr. A. Muri Yusuf. BPMI berfungsi mengawal dan menjaga mutu internal dalam penyelenggaraan kegiatan tridarma perguruan tinggi, dalam lingkup universitas secara keseluruhan, fakultas, jurusan/program studi, serta lembaga/unit-unit pelaksana dan penunjang lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: