Desvalini Anwar Magang Sastra di Australia

englishunp.wordpress.com) Desvalini Anwar dosen Prodi Bahasa dan Sastra Inggris FBSS UNP berangkat magang bidang pengajaran sastra (non degree training on teaching literature) ke University of New England, Armidale pada bulan Oktober 2008. Australia. Eva, panggilan akrabnya berangkat tepat dua hari sebelum seminar nasional NSL3T. Yes…Alhamdulillah jadi juga berangkat.. Sekarang sudah minggu ke dua magang di University of New England. I left Padang only two days before our Seminar was held. Two bad that I missed it,” tulisnya dalam sebuah blog dosen Bahasa dan Sastra Inggris.

Kegiatan magang ini dilaksanakan sebagai salah satu aktivitas yang dilaksanakan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dalam program hibah kompetisi. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pengajaran sastra Inggris di Prodi Bahasa dan Sastra Inggris khususnya. Setelah kegiatan ini magang yang dilakukan selama 1 bulan ini, nantinya juga akan dilakukan seminasi untuk mensosialisasikan hasil kegiatannya kepada seluruh dosen.

Selain di Armidale sekitar, Eva juga akan menggunakan waktunya secara efektif untuk pengajaran sastra di Sydney dan Brisbane. “Mau lihat bagaimana teaching Literature in EFl di highschool di sana diterapkan. Kebetulan ada teman yang ngajar di high school di Brisbane sehingga bisa observasi kelas nantinya”. Jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Kota Armidale sendiri berpenduduk cuma sekitar 25 ribu orang. Jadi jika kita bandingkan dengan Padang, kota ini sangat sepi untuk ukuran kita. Dua hari setibanya di Armidale Eva yang jalan kaki ke kota tanpa map di tangan, sempat “got lost in this tiny little town” (tersesat). “Mau tanya direction harus nunggu lama….sampai ada orang lewat. By the way…its now spring here. When I first got in this city it was so freezing. Armidale memang dikenal sebagai salah satu kota terdingin di Australia or A city of four seasons lain dg. Sydney, Perth apalagi Darwin yang very much like Indonesia” katanya sembari tertawa.

Selain kegiatan magang (non degree training) ini Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris juga mengirimkan stafnya untuk pendidikan begelar (degree training). Saat ini Jurusan BSI memperoleh dua hibah kompetisi sekaligus, yaitu PHK A-1 untuk Prodi Bahasa dan Sastra Inggris dan Hibah I-MHERE diperoleh oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris. (hvd)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: