JBSI FBSS UNP Tingkatkan Kinerja Labor CALL

JBSI FBSS UNP Tingkatkan Kinerja Labor CALL

Winda Setiasari, S.S., M.Hum. Magang di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

(englishunp) Yogyakarta. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBSS UNP kembali mengirimkan stafnya untuk peningkatan kinerja dan layanan jurusan kedepan. Kali ini  Winda Setiasari, S.S., M.Hum. staf Prodi 2260-wsSastra Inggris ditugaskan untuk melaksanakan magang bidang Computer Assisted Language Learning (CALL) di Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta selama 1 bulan. Kegiatan magang ini didanai oleh Hibah A-1 yang diperoleh Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris sejak tahun 2007.

Pada tahun kedua ini kegiatan difokuskan untuk memperbaiki manajemen internal yang diarahkan pada perbaikan manajemen CALL dan SALLC. Khusus bidang CALL, kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain: observasi dan peningkatan pemahaman organisasi dan deskripsi kerja CALL, peningkatan pemahaman mengenai SOP pada CALL, peningkatan pemahaman mengenai pengembangan materi, dan peningkatan pemahaman mengenai perawatan dan sustainaibility perangkat CALL. Sementara bidang SALLC telah dilaksanakan oleh Muhd. Al-Hafizh pada pertengahan 2008 di UGM Yogyakarta.

Diharapkan setelah pemagangan staf ini JBSI kedepan dapat meningkatkan manajemen internal khususnya peningkatan pemahaman job description yang jelas dan pengembangan kegiatan yang dapat dikembangkan di unit bersangkutan. Dalam hal ini, perlu dibuat SOP (Standard Operational Procedure) sehingga semua perangkat PSPBI mempunyai uraian tugas yang jelas. Termasuk unit kelengkapan JBSI seperti CALL dan SALLC yang ditujukan untuk meningkatkan mutu lulusan dan atmosfir akademik.

Kegiatan ini sangat bersinergi dengan Hibah I-MHERE yang juga diperoleh JBSI khususnya Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris. Pada tahun ini Hibah I-MHERE menganggarkan pengadaan komputer untuk melengkapi labor CALL yang ada di JBSI. Semoga setelah magang dan pengadaan ini Labor CALL benar dapat berfungsi sebagai tempat belajar bahasa Inggris yang efektif bagi mahasiswa JBSI UNP kedepan.

Beberapa Kegiatan Magang Lain

Selain itu Dr. Kusni, M.Pd. juga melaksanakan magang Sistem Informasi Manajemen (SIM) di UPI Bandung yang juga didanai PHK A-1, Desvalini Anwar, S.S., M.Hum. di Australia didanai I-MHERE. Setelah kembalinya Bu Winda akan dilanjutkan oleh Sitti Fatimah, S.S., M.Ed yang akan melaksanakan magang Critical Literacy di Bandung. Semoga semua kegiatan pengembangan staf ini dapat meningkatkan mutu proses perkuliahan di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.  (hvd/didi)

5 Responses

  1. Tolong revisi:
    1. Buk Eva magangnya bukan di Newzelland, tapi di Australia
    2. Pak Kusni Bukan di Semarang tapi di UPI Bandung
    3. Buk Tim bukan pengajaran sastera, tapi Critcal Literacy

    Thanks
    Didi

  2. dear bu Winda,

    bisa minta keterangan lebih lanjut tentang SOP laboratory dan CALL.

    thank you

  3. assalammualaikum…

    pak admin tukar link yukkkk…

  4. Salam hangat careplus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: